Minggu, 01 Agustus 2010

Karakteristik Knowledge User

Dengan meneliti apa yang diketahui tentang sistem dan bagaimana nalar terhadap fungsi suatu sistem, dapat waktu belajar, kesalahan yang mungkin timbul ,juga interface yang mudah dipahami sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dengan mudah.

ASUMSI DASAR
  • General knowledge.
    • Tidak menempel (detached) pada pengalaman pribadi
      • Mis: burung bersayap bisa terbang.
    • Dapat diterapkan pada banyak hal dan kejadian
  • Declarative knowledge
    • Pengetahuan yang bukan berdasar pada pengalaman (teoritis yg diingat).
      • Mis: prosedur keselamatan pesawat
    • Procedural knowledge: pengetahuan yg menjadi otomatis
  • Non-Logical knowledge
    • banyak faktor (selain logika) yang berperan dalam struktur pengetahuan manusia.
      • Glass & Holyoak, 1979:
        • panah tajam vs panah lancip
      • Hampton, 1982:
        • type write --> office furniture
        • office furniture  -->  furniture
        • type write   -->  furniture 
User Physchology Characteristic:

Cognitive Style
• Verbal/analytic
• Spatial/Intuitive
Attitude
• Positive
• Neutral
• Negative
Motivation
• High
• Moderate
• Low

Dari uraian di atas kita dapat mengetahui tujuan akhir dari desain aplikasi adalah easy learning agar mudah digunakan oleh user.

User Knowledge and Experience
• Data dan informasi yang terdapat pada aplikasi sangat sederhana, karena disesuaikan dengan pengetahuan dan pengalaman user.
• Seperti aplikasi telepon genggam pada umumnya aplikasi ini tidak memerlukan typing skill yang baik, karena disesuaikan dengan keypad telepon genggam.

User Job and Task Characteristic
• Frequency of use - Low
• Task Importance - Low
• System Use

Tidak ada komentar:

Posting Komentar